About

Introduction

backgroud

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sejak 2004 telah menyediakan sarana komputasi paralel yang dibuka untuk pemakai umum secara cuma-cuma. Sarana tersebut merupakan yang pertama di Indonesia, bahkan di dunia pada saat itu sangat sulit dijumpai sarana komputasi paralel untuk umum. Seluruh proses dilakukan melalui perangkat muka web yang mudah dimengerti dan bisa diakses sepenuhnya melalui internet dengan koneksi minimal pada http://cluster.teori.fisika.lipi.go.id/. Hal ini menjadi salah satu wujud kontribusi nyata LIPI sebagai lembaga ilmu pengetahuan kepada komunitas ilmiah di Indonesia.

Kontribusi ini berlanjut dengan dikembangkannya fasilitas komputer berkinerja tinggi (High Performance Compting) dengan konsep infrastruktur terbuka oleh Pusat Penelitian Informatika – LIPI pada 2014. Fasilitas ini juga dapat diakses oleh umum melalui web dan tidak dikenakan biaya selama digunakan untuk tujuan penelitian. Sejak 2018 fasilitas ini juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan industri/bisnis. Layanan yang disediakan adalah sewa node render farm untuk pembuatan film animasi dan komputasi untuk kegiatan nonpenelitian. Biaya yang dikenakan pada layanan ini disesuaikan dengan Perjanjian Kerja Sama atau Kontrak Bisnis yang disepakati.

Sejak 2021, LIPI dan beberapa lembaga lain bergabung menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Fasilitas ini kini bernama MAHAMERU – BRIN HPC.

History

Scroll to top