hpc [at] brin.go.id

Access to MAHAMERU 4

Akun ELSA

Layanan komputasi MAHAMERU BRIN HPC menggunakan e-Layanan Sains (ELSA) yang terintegrasi dengan SSO BRIN. Untuk mendapatkan layanan, silakan login melalui ELSA di elsa.brin.go.id. Sivitas BRIN dapat login dengan menggunakan ID SSO BRIN. Adapun bagi sivitas eksternal BRIN yang belum pernah memiliki akun ELSA dapat melakukan pendaftaran melalui portal tersebut pada alamat elsa.brin.go.id/akun. Lakukan aktivasi akun melalui link yang dikirim ke email yang didaftarkan.

Mengajukan layanan

Setelah login ke ELSA, cari menu layanan HPC pada kolom pencarian di pojok kanan bagian atas dengan keyword “HPC”.

Pilih salah satu layanan yang sesuai, lalu klik AJUKAN LAYANAN.

Lengkapi formulir sesuai dengan yang diminta termasuk SSH PUBLIC KEY untuk login.

Catatan dalam mengisi formulir:

  1. Bagi sivitas eksternal BRIN yang berstatus siswa/mahasiswa, diwajibkan mencantumkan nama dosen pembimbing dari universitas dan/atau kolaborator dari BRIN
  2. Tanggal pelaksanaan layanan diisi dengan masa maksimal 1 tahun (dapat diperpanjang di kemudian hari).
  3. Wajib mengunggah SSH public key. Silakan merujuk ke [LINK INI] untuk melihat tutorial cara membuat SSH public key. 

Pembuatan dan aktivasi akun login MAHAMERU BRIN HPC

  • Pengelola layanan akan mereview ajuan layanan.
  • Keputusan berupa status diterima/ditolak/ubah jadwal, berdasarkan hasil review terhadap isian formulir pengajuan.
  • Notifikasi keputusan akan terkirim melalui email atau bisa dengan melihat status layanan dari ELSA.
  • Notifikasi status pelaksanaan akan terkirim melalui email.
  • Akun yang dibuat dapat dilihat melalui menu ‘Akun’ setelah login ke ELSA.
  • Email pengguna akan dimasukkan ke dalam mailing-list pengguna MAHAMERU BRIN HPC
  • Akses ke MAHAMERU BRIN HPC dilakukan melalui SSH dari terminal yang telah didaftarkan public key-nya.

CATATAN

  • Sebagai mekanisme “keep-alive check”, akses pengguna akan expired secara otomatis secara berkala (6 bulan untuk sivitas BRIN dan 3 bulan untuk sivitas eksternal BRIN)
  • Jika akses pengguna telah expired, silakan MENGISI LAPORAN PENGGUNAAN di ELS dan selanjutnya mengajukan pengaktifan kembali dengan mengirimkan email ke hpc [at] brin [dot] go [dot] id dengan subyek: AKTIVASI dan menyebutkan username yang digunakan serta nomor ID proposal di ELSA.
Scroll to top